SLOGAN DESA JAMBU

 

SLOGAN DESA JAMBU

 Pendahuluan

Desa merupakan unit terkecil dalam struktur pemerintahan di Indonesia. Selain sebagai tempat tinggal bagi masyarakat, desa juga memiliki identitas yang unik dan khas. Salah satu elemen penting dalam membangun identitas desa adalah slogan desa. Slogan desa memiliki peran penting dalam menggugah semangat masyarakat desa dan memperkuat rasa kebersamaan.

Meskipun terlihat sebagai hal yang sepele, slogan desa memiliki pengaruh yang sangat besar. Sebagai representasi dari nilai-nilai dan tujuan desa, slogan desa dapat menjadi penanda yang kuat dalam membangun citra desa. Slogan desa yang kuat dan menginspirasi dapat inspiratif dan berpengaruh dalam membangkitkan semangat masyarakat desa untuk bekerja sama dan berpartisipasi dalam pembangunan desa.

Slogan Desa: Representasi Identitas Desa

Slogan desa merupakan kata-kata atau frasa pendek yang mencerminkan tujuan, nilai-nilai, dan potensi desa. Slogan desa dapat digambarkan sebagai slogan perusahaan yang menandakan identitas dan visi perusahaan. Dalam konteks desa, slogan desa memiliki peran yang serupa dalam mempertegas identitas desa.

Slogan desa juga dapat menjadi sarana dalam mempromosikan desa sebagai salah satu identitas desa. Slogan desa yang menarik dan unik dapat menarik minat warga atau desa lain untuk berkunjung dan belajar tentang potensi desa tersebut.

DESA JAMBU DESA “IMPIAN”

Makna :

Impian adalah tujuan atau goal yang terus menerus kita perjuangkan kearah yang lebih baik lagi. Perjuangan ini tidak akan selesai karena selalu di tuntut perubahan sesuai perkembangan zaman

I : INFORMATIF

Desa Jambu Sejak Tahun 2015 sudah mencanangkan sebagai Desa TI. Seluruh data desa bisa diakses oleh masyarkat melalui web atau saluran lain seperti PPID. Desa mendukung penuh keterbukaan informasi bagi masyarakat. Tahun 2019 dan Tahun 2023 ini Desa Jambu mewakili Jepara maju sebagai kandidat Desa Keterbukaan Informasi Publik, ini sudah membuktikan bahwa Desa Jambu terus konsen di bidang informasi

 

 M : MAJU

Desa Jambu berupaya untuk memajukan segenap warganya dalam berkehidupan yang layak, lingkungan yang baik dan interaksi sosial dan religi yang nyaman. Kegiatan ini terus di galakan melalui kegiatan-kegiatan desa yang di biayai oleh desa. Desa yang terus berinovasi dan mengikuti perkembangan tehnologi dalam rangka memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat.

P : ASPIRATIF

Desa Jambu berupaya untuk terus mendengarkan setiap degub jantung permasalahan warga. Peran BPD selaku penyambung lidah warga, terus kita dukung. Kegaitan Musdus, Musdes, Musdes Lainnya, terus kita laksanakan setiap tahun. Aspirasi warga kita tamping melalui E-musdes / SIMIN yakni Aplikasi Input Usulan maupun melalui hardcopy.

I : INOVATIF

Desa Jambu berupaya untuk terus menginovasi dirinya dalam rangka memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan mudah bagi warga. Inovasi berbasis data pelayanan dan juga inovasi berbasis masyarakat terus kita tingkatkan. Inovasi berbasis data seperti :

1.    Ada layar sentuh di ruang tunggu.

2.    Pelayanan surat surat berbasis temple KTP.

3.    Gambar Peta kepemilikan tanah berbasis foto Satelit / ARcgis.

4.    SIMADA : Aplikasi Manajemen Arsip Desa.

5.    SIMIN : Aplikasi input usulan

6.    SADAM : Aplikasi Pengaduan Masyarakat.

7.    SKUTER : Apliksi Simpan kartu Keluarga 

8.    SIMPLEC : Sistem Aplikasi Letter C,

9.    WINGS ; Wifi untuk warga desa

 

Sedangkan inovasi berbasis masyarakat seperti:

1.    Wingko Jambu : Wingko yang di buat dari bahan pangan alternatif yakni dari Horog-horog.


A : AKUNTABEL

Desa Jambu selalu berupaya melaporkan semua kegiatan sebaik dan sedetail mungkin. Hal ini demi tanggung jawab kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga sebagai Pelayan Masyarakat yang di tuntut kerja secara professional. Laporan pekerjaan yang jelas dan rapi merupakan prestasi tersendiri jika kita kerjakan. Peran pengawas seperti BPD dan Lembaga Desa sangat membantu dalam mewujudkan kerja yang tercatat jelas

 

N : TRANSPARAN

Desa Jambu selalu berupaya melaporkan kegiatan-kegaiatan desa kepada masyarakat. Kegiatan desa selalu di tulis dan di upload di wed desa maupun media sosail desa seperti : www.jambu.jepara.go.id atau www.Jambu.desa.id untuk medsos seperti Facebook di www.facebook/info-seputar-jambu. Sementara untuk video kita upload di www.youtube/jambu

 

Kesimpulan

Slogan Desa Jambu memberikan SEJARAH DAN ARAH tentang apa yang sudah dan hendak di capai kelak. Slogan Desa Jambu diharapkan bisa menjadi  identitas desa dan menggugah semangat masyarakat desa dalam mendorong bekerja sama dan berpartisipasi dalam pembangunan desa.