MUSYAWARAH DESA LAINNYA ( MUSDES PETANI TAHUN 2023 )



Pemerintah Desa Jambu bersama BPD Jambu telah melaksanakan kegiatan Musyawarah Desa Petani, Selasa ( 26 September 2023 ) yang bertempat di Aula Pemdes Jambu. Dalam kegiatan ini di hadiri oleh Petinggi, BPD, Perwakilan Balai Penyuluhan Pertanian Kec. Mlonggo serta perwakilan kelompok tani yang ada di Jambu.

Dalam sambutannya, Petinggi berpesan agar sektor pertanian bisa di maksimalkan untuk meningkatkan PADes. Selain itu, terkait dengan kepengurusan Gapoktan dan Poktan agar bisa berjalan sebagaimana mestinya. Jika suatu organisasi atau lembaga pertanian bisa berjalan dengan baik maka akan berdampak pada sektor pertanian yang meningkat. Kordinasi ditingkat kelompok masih perlu diperbaiki, sehingga informasi dan bantuan untuk petani bisa tepat sasaran.

Dalam diskusi yang berlangsung dalam acara musdes juga memunculkan beberapa permasalahn penting yang perlu segera di tanggulangi, meliputi :

1. Reorganisasi Gapoktan dikarenakan  SK sudah lewat

2. Masalah petugas pengatur air

3. Saluran air yang perlu normalisasi

4.  Pembanguan saluran primer dan sekunder

5. Tractor harus bisa dioptimalkan untuk bisa mencakup seluruh sawah yang ada di       Jambu

6. Pemaksimalan penarikan pipil

Dalam musdes ini juga telah disepakai untuk reorganisasi Gapoktan, dan telah di sepakati bersama dan di pilih untuk Ketua Gapoktan yang baru adalah Makhrus dari RT 17 RW 04 dan wakil adalah Warjo dari RT 8 RW 02.



Diharapkan dengan kepengurusan yang baru bisa meningkatkan hajat hidup para petani dan serta bisa meningkatkan hasil dari sektor pertanian yang bisa berdampak pada peningkatan PADes.