PENINGKATAN KAPASITAS PERANGKAT DESA JAMBU

 Petinggi beserta Perangkat Desa Jambu telah melakukan kegiatan peningkatan kapasitas di Desa Pabelan Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, Sabtu 23 September 2023. 

Dalam kegiatan ini Pemdes Jambu mengundang Direktur BUMDesa Gerbang Wisata Desa Pabelan sebagai narasumber untuk berbagi informasi dan tips dalam upaya peningkatan kapasitas BUMDesa Giri Samudra Jambu. Selain petinggi dan perangkat, BPD Jambu dan direktur BUMDesa Giri Samudra Jambu juga hadir dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Mas Luluk sebagai narasumber bercerita jika pendirian BUMDesa Gerbang Wisata karenakan adanya peluang usaha yang dilihat dari letak geografis Desa Pabelan yang menjadi gerbang masuk wisatawan yang akan berkunjung ke Candi Borobudur. Salah satu unit usaha dari BUMDesa Gerbang Wisata yang berjalan dengan baik adalah wisata kuliner tradisonal yang memanfaatkan tanah kas desa untuk dijadikan pemancingan. Dengan wisatawan yang banyak berkunjung ke Candi Borobudur tentunya kuliner menjadi destinasi utama bagi wisatawan untuk dikunjungi. Unit usaha ini menjadi andalan untuk peningkatan APBDes Desa Pabelan.

Peluang usaha dengan memanfaatkan kondisi geografis dan kultur budaya yang sudah berjalan bisa diadopsi oleh BUMDesa Giri Samudra untuk peningkatan kegiatan dan unit usaha baru dalam upaya peningkatan APBDes. Tentunya melihat peluang usaha harus disesuaikan dengan kondisi dan kultur budaya yang sudah berjalan di wilayah Desa Jambu. Jika ingin membuat terobosan atau inovasi usaha baru, harus didukung sepenuhnya oleh Pemdes dan masyarakat.

Diharapkan setelah melukan kegiatan peningkatan kapasitas, petinggi beserta perangkat dan khususnya pengurus BUMDesa Jambu bisa mengambil ide-ide baru yang inovatif untuk meningkatkan kemajuan Desa Jambu.